ribbon

Download E-Brochure

 

 

 

 

DOWNLOAD

ribbon

Tarif dan Fasilitas


Tarif tiket akses masuk, akomodasi dan fasilitas. untuk info selengkapnya, klik Read more

Read more...

ribbon

Tour Package 2D1N / 3D2N


Full day Adventure.. Only for those who have guts!!!

call (022) 7278341, 61006009, 085314131238

Read more...

How to get in touch

info@westjavaecotourism.com
tourismwestjava@yahoo.com
(022) 7278341
+62 812 23456 911

Curug Panjang

PDF Print E-mail

Terletak di Desa Citamiang – Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 38' 46.54" S  106° 56' 42.02" E

 

Sesuai namanya, bentuknya bukanlah vertikal seperti air terjun umumnya, tapi membentuk slope sepanjang +/- 20 meter dengan debit air yang cukup deras. Curug ini berasal dari sungai Cirangrang.  Dan dari sungai inilah terbentuk 4 air terjun, mulai dari paling atas yaitu: Curug Blao, Curug Panjang, Curug Bunder dan Curug Barong.

Curug Panjang ini terletak di lereng Gunung Paseban dalam kawasan wisata seluas 30 hektar dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl.

Berjarak sekitar 8 km dihitung dari jalan masuk di pertigaan Megamendung (sebelah Mesjid Jami Nurul Huda) dari arah jalan raya Bogor Puncak. Dari pertigaan tersebut belok kiri  melewati Unilever Learning Center, Mega Training Center, Pusdik Reskrim Polri.  Lalu dari Reskrim ambil jalur kanan, ada beberapa ruas jalan yang rusak akibat longsor, selanjutnya akan melewati hutan pinus. Penunjuk arah kurang jelas, namun ikuti saja tanda panah di jalanan aspal atau tanya kanan-kiri.

Selain itu dapat juga dicapai dari arah Cilember (lokasi dari arah timur), tapi harus rela lewat jalan tanah yang kelihatannya cukup lebar, cuma kurang jelas konturnya.

Selanjutnya untuk mencapai lokasi dasar curug ada dua jalan (rute), untuk rute pertama dengan berjalan kaki menyusuri sebagian sungai sejauh 300-400 meter (dikenal dengan jalur bawah).  Sedangkan untuk rute kedua juga dengan berjalan kaki akan tetapi melewati punggungan di sebelah barat sungai kemudian memutar melalui jembatan yang melintang di atas Curug Panjang lalu menyebrang ke punggungan sebelah timur sungai, melalui camping ground dan turun kearah Curug (dikenal dengan jalur atas).  Untuk rute kedua ini membutuhkan waktu lebih lama karena lebih jauh jarak rutenya.




 
top